Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

PELATIHAN PEMBIASAAN LITERASI DI MADRASAH

Oleh Admin 26-04-2016 02:18:08

Kegiatan membaca dan menulis sangat berkaitan erat dengan pengembangan sumber daya manusia. Kegemaran membaca dan produktivitas menulis memperlihatkan kesiapan suatu bangsa dalam mejemput dan memperoleh pengetahuan untuk selanjutnya dapat membangun peradabannya sesuai dengan cita-cita bangsa. Kegiatan ini berpengaruh pada pengembangan literasi. Dalam upaya pengembangan itulah Relawan Membaca 15 Menit (REM15) bekerjasama dengan Yayasan Litara yang didukung oleh PWM DKI Jakarta, FKIP UHAMKA dan Prabu Data Media serta buqulib sebagai media partner, mengadakan pelatihan bagi guru yang bertemakan Pembiasaan Literasi di Sekolah.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 April 2016 yang bertempat di aula Uhamka itu sendiri, selama 8 jam kami dibimbing oleh narasumber yang ahli dibidangnya, yaitu Dr. Sofie Dewayani (Direktur Yayasan LItara/Dosen ITB), Dr. Dewi Utama Faiza kegiatan (Tim GLS Kemendikbud), Eva Nukman (Penulis Cerita Anak/Ayo Membaca Indonesia), Gufron Amirullah (Pendiri Relawan Membaca 15 Menit) dan dibuka oleh Dr. Edi Sukardi, M.Pd. (Dekan FKIP Uhamka). Dr. Dewi Utama Faiza memaparkan tentang pentingnya literasi di sekolah yang harus dimulai dari tenaga pendidik dan kependidikan. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai sekolah, menariknya bukan hanya sekolah yang ada di Jakarta tetapi ada yang berasal dari Yogjakarta, Surabaya dan Sidoarjo. Alhamdulillah Madrasah kami mendapat kesempatan untuk turut serta dalam kegiatan ini. Nurdalilah, S.Pd. dan Minah, S.Pd. adalah dua guru yang didelegasikan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

 

Bukan hanya teori yang kami dapat, disesi terakhir kami diajak untuk membuat sebuah “big book”. Ini adalah salah satu media kreativitas guru dalam mengajak peserta didik untuk memiliki kebiasaan membaca yang baik. Sangat berkesan, menarik dan memberikan insfiratif bagi kami khususnya. Semoga kami bisa bergabung dipelatihan selanjutnya yang tentunya dengan ilmu yang berbeda. Harapan yang terpenting adalah kami bisa membudayakan kegiatan pembiasaan literasi di sekolah kami. Terima kasih REM15, kami tunggu undangan selanjutnya. (Humas_MTsN40)