Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Baznas Akan Tingkatkan Redistribusi Zakat

Oleh Admin 16-04-2016 17:40:10

Jakarta (Pinmas) —- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo menegaskan komitmennya untuk  meningkatkan efektifitas  pendistribusian zakat di Indonesia.  Hal itu disampaikan mantan Menteri Keuangan ini saat memberi materi pada Rakernas Perkembangan Zakat di Indonesia di Jakarta, Kamis (14/04). 

Rakernas ini mengangkat tema “Tingkatkan Kualitas Program Pemberdayaan Zakat menuju Penganggaran yang Berbasis Money Follow Program”.

Menyampaikan materi “Peran dan Kontribusi Baznas dalam Perzakatan Nasional”, Bambang berharap dana zakat akan lebih bisa optimalkan dalam  membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, potensi zakat Indonesia sangat besar dan itu  bisa disalurkan untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap ke depan Baznas dapat meningkatkan redistributif zakat yang lebih efektif,” kata Bambang. Sebagai lembaga negara yang diawasi pejabat negara dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden,  Bambang yakin kalau Baznas  akan lebih dipercaya  masyarakat dalam pengelolaan dana zakat.

“Alhamdulillah, di negara kita sudah ada terobosan dalam hal zakat (yakni dengan adanya UU No. 23 Tahun 2011 dan PP No. 11 Tahun 2014 tentang zakat),” sambung Bambang.

Sebelumnya, Sekjen Kemenag Nur Syam menyoroti tentang pentingnya database perzakatan. Menurutnya, database penting karena salah satu problem perzakatan terletak pada kejelasan daftar yang menerima dan wajib zakat. “Ini menjadi problem yang sampai saat ini belum terselesaikan. Kita harus mempunyai database tentang persoalan zakat ini,” katanya, Rabu (13/04).

Karenanya, Nur Syam berharap  forum Rakernas Perkembangan Zakat di Indonesia ini digunakan untuk merumuskan program strategis, dan salah satunya terkait database perzakatan. “Dengan rakernas ini, saya berharap dalam dua tahun, Kemenag sudah memiliki database perzakatan,” kata Nur Syam. (is&arief/mkd/mkd)