Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Tiga Cara UIN SGD Lahirkan Lulusan Pintar dan Beriman

Oleh Admin 11-04-2016 13:17:12

Bandung (Pinmas) —- Didirikan pada 48 tahun lalu, tepatnya pada 8 April 1968, IAIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung terus berubah dan berkembang. Transformasi IAIN menjadi UIN SGD pada  10 Oktober 2005 menjadi salah satu penanda perubahan itu sekaligus komitmen untuk memperluas  kiprah bagi dunia pendidikan di Indonesia. UIN dituntut untuk mampu melahirkan orang-orang pintar, beriman, dan berakhlakul karimah.

Pesan ini disampaikan Rektor UIN SGD Bandung Mahmud dalam sambutannya pada acara Dies Natalis UIN SGD Bandung yang mengusung tema “Inovasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Untuk Peradaban Baru Islam”, di Aula UIN SGD, Bandung, Jumat (08/04). Hadir dalam kesempatan ini Menag Lukman Hakim Saifuddin yang didaulat untuk memberikan orasi ilmiah.

Menurutnya, setidaknya ada 3 hal yang akan dilakukan UIN SGD untuk melahirkan lulusan berkualitas dan bermoral, yaitu: pertama, sinergi civitas akademika dalam membangun fondasi bagi generasi penerus. “Kami tidak ada apa-apanya jika belum melibatkan semua civitas akademika menjadi “kita” yang  sama-sama merasa sebagai bagian dari dan memiliki UIN SGD Bandung,” papar Mahmud.

Kedua, melakukan perubahan diri. Mahmud mengajak civitas akademikia UIN SGD mau berubah untuk kebaikan. “Perubahan adalah syarat mencapai kemajuan. Jika syarat kemajuan adalah perubahan, maka rukunnya adalah perbaikan,” katanya di hadapan civitas akademisi UIN SGD.  

Ketiga, merespon dan mengantisipasi dinamika perubahan zaman. Menurut Mahmud,  ada tiga isu strategis yang akan digarap UIN SGD dalam merespon perubahan, yaitu: 1) membangun infrastruktur yang modern, 2) meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan 3) melestarikan nilai-nilai filosofis wahyu untuk memandu ilmu dalam bingkai akhlak al karimah.

Mahmud menambahkan, UIN SGD Bandung sekarang memilki 12 Prodi Program Sarjana (S1) yang terakreditasi A. Selain itu, ada 12 Program Magister (S2) dan 4 Program Doktor (S3), yang rata-rata terakreditasi B.  Mahmud mengajak civitas akademika UIN SGD untuk meningkatkan kinerja agar dapat meraih sebanyak mungkin prodi berakreditasi A. “Untuk mencapai itu semua, kuncinya adalah peningkatan kualitas tenaga pendidik, kependidikan dan mahasiswa,” tutup Mahmud. (Arief/mkd/mkd)