Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Wakili Kemenag, Sesditjen Bimas Islam Dilantik Jadi Anggota TIMPORA

Oleh Admin 11-04-2016 13:09:35

Jakarta (Pinmas) —- Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin dilantik menjadi anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Pusat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jumat (08/04). Pelantikan dilaksanakan di Gedung Ditjen Imigrasi, Jakarta, dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.  

Pada saat yang sama, Menteri Yasonna juga meresmikan sekretariat tim yang bertugas mengantisipasi ekses dari lalu lalang manusia lintas Negara. Sekretariat Timpora dibentuk berdasarkan pasal 69 ayat (1) UU Nomor 6/2011 yang berbunyi “Untuk melakukan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, Menteri membentuk Tim Pengawasan Orang Asing yang anggotanya terdiri dari badan atau instansi pemerintah terkait, baik di tingkat pusat atau pun daerah.”

Menurut Yasonna,  diberlakukannya kebijakan bebas visa dari Pemerintah Indonesia terhadap sejumlah Negara akan memberikan ekses tersendiri. Selain akibat positif bagi  hubungan bilateral dan meningkatnya kunjungan turis mancanegara, kebijakan itu juga akan berdampak negatif dan karenanya harus diantisipasi oleh pihak keimigrasian. “Di antara yang harus kita antisipasi adalah human trafficking, penjualan narkoba lintas Negara, penjualan organ tubuh, inflitrasi ideologi asing, dan sebagainya,” jelasnya.

Usai dilantik, Muhammadiyah Amin mengatakan bahwa relevansi Timpora dengan Ditjen Bimas Islam Kemenag sangat erat, terutama dalam masalah perkawinan Warga Negara Asing (WNA) dengan WNI, serta pengaruh masuknya ideologi berbasis agama yang diimpor dari luar negeri ke Tanah Air melalui sejumlah organisasi keagamaan.

Terkait hal itu, Amin mengaku telah merumuskan strategi pelaksanaan tugasnya sebagai anggota Timpora yang berkaitan dengan sektor agama. “Terutama yang terkait langsung adalah urusan perkawinan WNA dan ideologi keagamaan tertentu dari luar negeri,” katanya.

Hadir dalam pelantikan ini, pejabat eselon I Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan, Badan Intelijen Negara, Badan Narkotika Nasional, Badan Intelijen Strategis TNI, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Keamanan Laut, Kejaksaan Agung, Polri, dan TNI. Hadir juga 33 Kepala Divisi Imigrasi dari Kantor Wilayah Kemenkumham di seluruh Indonesia, 12 Kepala Kantor Imigrasi sejabodetabek, dan para pejabat lainnya di lingkungan Kemenkumham. (sigit/mkd/mkd)