Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

12 Pelajar Juarai Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) 2015

Oleh Admin 16-12-2015 02:32:25

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan PT Mizan Pustaka menyelenggarakan Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) yang diikuti pelajar SMP dan SMA. Sebanyak 100 pelajar dari berbagai penjuru Indonesia dibekali ilmu melalui serangkaian kelas dan kegiatan inspiratif, kemudian berekspresi melalui kompetisi membuat cerita pendek (cerpen), syair dan komik, sesuai minat masing-masing. Dari 100 peserta itu, 12 orang menjadi juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 untuk tiga kategori, yaitu cerpen, syair dan komik.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan, menumbuhkan daya cipta dan imajinasi anak-anak Indonesia di bidang seni dan budaya merupakan bagian penting dari tugas pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang berbudi pekerti luhur, kreatif, berdaya saing dan mandiri.

“Ajang ini (ARKI) merupakan media ekspresi daya cipta dan kreasi seni siswa Indonesia yang akan memberikan pengalaman terbaik dalam belajar mencipta dan berkreasi sekaligus berkompetisi secara sehat dan menghargai prestasi,” ujar Hamid saat memberikan laporan sebelum pembacaan pengumuman pemenang di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Sementara dalam sambutannya, Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, ARKI adalah kesempatan bertemu dengan saudara sebangsa, lintas provinsi, lintas suku, dan lintas bahasa untuk memiliki kebersamaan sebagai sebuah bangsa, khususnya bagi anak bangsa. Pendidikan seni dan sastra, katanya, juga menjadi hal yang penting bagi anak-anak penerus bangsa. Karena itu Mendikbud berpesan agar para peserta ARKI bisa membuat ruang imajinasi untuk tumbuh dan berkembang sehingga karya kreatif dapat selalu bermunculan.

“Saya berharap Anda banyak menulis pesan-pesan kebangsaan, yang membuat Indonesia merasa satu dalam kebinekaan. Gunakan bahasa daerah untuk memperkaya bahasa Indonesia dalam tulisan Anda,” tutur Mendikbud kepada para peserta ARKI 2015. (Desliana Maulipaksi)