Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Jadi Negara Tamu, Indonesia Tandatangani Perjanjian Kerangka Kerja Festival Europalia

Oleh Admin 16-12-2015 02:31:11

Jakarta, Kemendikbud --- Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) Didik Suhardi dan General Manager Europalia International, Baroness Kristine De Mulder menandatangani perjanjian Kerangka Kerja Festival Europalia. Perjanjian ini meliputi kerja sama teknis termasuk rencana program, tanggung jawab, pendanaan serta sponsor-sponsor dalam penyelenggaraan Festival Europalia 2017-2018, di mana Indonesia akan menjadi negara tamu atau guest country.
 
Penandatanganan Perjanjian Kerangka Kerja Sama itu disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Patrick Hermann selaku Duta Besar Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (7/12/2015). Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut atas MoU Festival Europalia yang telah dilakukan sebelumnya di bulan Juli 2015.
 
Festival Europalia merupakan salah satu festival seni dan budaya terbesar di dunia, yang dilaksanakan di puluhan kota di Belgia dan Eropa. Indonesia secara bangga terpilih menjadi “Negara Tamu” (Guest Country) untuk penyelenggaraan mendatang, tepatnya pada September/Oktober 2017 s.d. Januari 2018. 
 
Sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya yang paling beragam di dunia, Indonesia akan menjelaskan berbagai keanekaragaman, kejeniusan seni modern, modal sosial, budaya kepulauan, pengetahuan dan “local genius” serta keanekaragaman hayati yang akan diintegrasikan kedalam Festival Europalia Indonesia 2017-2018 mendatang. Tema untuk Festival Europalia Indonesia 2017 diharapkan dapat diumumkan pada bulan Februari 2016 mendatang.
 
Dalam pelaksanaan Festival Europalia 2017-2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bekerja melalui dua unit kerja utama, yaitu: Sekretariat Jenderal pada sisi manajemen dan Direktorat Jenderal Kebudayaan pada sisi substansi. Sumber pembiayaan Festival Europalia Indonesia diharapkan berasal dari multi-sektor yakni: Pembiayaan negara (APBN) Pembiayaan daerah (APBD), BUMN, dan pihak-pihak swasta beserta sponsor.
 
Festival Europalia Indonesia diharapkan menjadi jendela Indonesia kepada dunia melalui kacamata budaya. Festival ini diharapkan dapat menjelaskan sejarah kebudayaan Indonesia dari jaman dahulu hingga masa depan. Festival ini juga dapat menjadi etalase atas bermacam-macam dan berbagai kekayaan budaya Indonesia dari Aceh hingga Papua, dan dari zaman pra sejarah hingga era modern. (Desliana Maulipaksi)