Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Gratis! Saksikan Konser Karawitan Muda Indonesia Hari Ini!

Oleh Admin 16-12-2015 02:28:38

Jakarta, Kemendikbud --- Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud bekerja sama dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) kembali menyelenggarakan Konser Karawitan Muda Indonesia (KMI). KMI yang kesembilan ini akan berlangsung hari ini, Jumat (4/12/2015), pukul 14.00 WIB, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, Jakarta. Kemendikbud mengajak masyarakat untuk datang dan menikmati Konser Karawitan Muda Indonesia secara gratis di Kantor Kemendikbud.

Konser Karawitan Muda Indonesia kesembilan akan menampilkan sembilan kelompok penampil yang beranggotakan mayoritas anak muda dari berbagai provinsi di Indonesia. Beberapa musik tradisional yang akan ditampilkan antara lain Rabab Piaman oleh Monen Sikayan, dari Sumatera Barat; Gong Waning oleh Lembaga Nani House, dari Maumere, Nusa Tenggara Timur; Totobuang Manare oleh Molucca Bamboowind Ensamble, dari Ambon, Maluku; dan Sakalemu oleh Sanggar Seni Antang Batuah, dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Ketua Harian KNIU Kemendikbud, Arief Rachman mengatakan, banyak anak muda yang saat ini aktif mengembangkan musik tradisional. Konser Karawitan Muda Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen KNIU Kemendikbud untuk meningkatkan partisipasi aktif generasi muda dalam pelestarian kebudayaan nasional, khususnya anak muda yang masih duduk di bangku sekolah.

“Sekolah unggulan itu sekolah yang memiliki kegiatan karawitan atau musik tradisional. Kalau tidak punya, itu bukan sekolah unggulan. Baru disebut sekolah unggulan kalau sekolah itu  punya kegiatan karawitan seperti gamelan, tari saman, atau yang lain,” ujarnya saat jumpa pers jelang Konser Karawitan Muda Indonesia kesembilan, di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Ia mengatakan, Karawitan Muda Indonesia harus bisa menjadi suatu Gerakan Nasional sehingga generasi muda semakin mengenal, memahami, dan mencintai budaya Indonesia serta secara aktif ikut serta dalam upaya pelestariannya. “Kita harus jadi pegiat kebudayaan Republik Indonesia,” katanya dengan penuh semangat.

Penggagas awal penyelenggaraan Konser Karawitan Muda Indonesia, Edi Sedyawati mengatakan, Konser Karawitan Muda Indonesia merupakan pentas untuk menyampaikan ramuan-ramuan khusus dari sejumlah musik tradisional, yang dalam hal ini dimainkan oleh kawula muda Indonesia. Pilihan kepada kaum muda untuk menyajikan KMI ini didasarkan pada harapan bahwa “umur” seni karawitan kita masih akan panjang.

Sementara Kepala Subdirektorat Pembinaan Tenaga Kesenian Kemendikbud, Susiyanti mengatakan, salah satu bentuk dukungan Kemendikbud terhadap generasi muda dalam pelestarian musik tradisional Indonesia adalah dengan memberikan bantuan berupa alat-alat kesenian ke sekolah-sekolah di berbagai daerah. (Desliana Maulipaksi)