Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Pramuka: Religious Culture

Oleh Admin 15-11-2015 09:32:44

Jakarta (Inmas)- Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Sadirin, MA mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. DKI Jakarta, membuka acara “Sosialisasi Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Kepramukaan” yang dihadiri oleh Kasi PTK H. Hirman dan Kasi Kesiswaan atau Kelembagaan Nur Pawaidudin. Acara ini dilaksanakan di Aula Agus Salim, Wiladatika, Cibubur, pada Rabu (11/11).

Pramuka ini menjadi pra kegiatan atau ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan, atas dasar keputusan Permendikbud No 63 Tahun 2014, yang sebelumnya hanya menjadi ekstrakulikuler biasa berdasarkan keputusan Permendikbud No 62 Tahun 2014.

Pramuka dijadikan sebagai ekstrakulikuler wajib karena pramuka tidak terlepas dari Pemberlakuan Implementasi dari Kurikulum 2013 dan sistem pendidikan nasional berdasarkan Undang-Undang No 20 Tahun 2003.

“Pramuka akan dijadikan oleh H. Muh Thoriq Husler sebagai Religious Culture”, ujar Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Sadirin, MA. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Sadirin, MA menyampaikan bahwa spiritual adalah syariah, spiritual adalah aqidah, maka bagi kita komunitas madrasah harus mengawal ekstrakulikuler tersebut agar bisa dijadikan sebagai Religious Culture.

Ada dua kegiatan pramuka yang dipegang langsung oleh Kementerian Agama, yaitu: Pertama, Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) yang ditunjukan untuk siswa dan siswi Madrasah. Kedua, Kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) yang ditunjukan untuk siswa-siswi Pondok Pesantren.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk; menanamkan pramuka yang berjiwa religious, menanamkan kejujuran, menanamkan sikap toleransi, menanamkan sikap disiplin, dan bekerja keras.

H. Sadirin, MA menyampaikan pesan dari Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) bahwa semua Kepala Bidang di seluruh Indonesia untuk mendata prestasi siswa untuk di ekspos di DPR sebagai bukti Madrasah lebih baik. (sns/dhf)