Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Nasional 2015

Oleh Admin 24-10-2015 17:04:49

Peran Saka atau Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 3-9 Oktober 2015. Peran Saka Nasional Tahun 2015 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bukit Madani, Kendari Sulawesi Tenggara.

Pelaksanaan Peran Saka Nasional ini didasarkan pada keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2013 nomor 22/Munas/2013, tentang Penyelenggaraan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015 di Sulawesi Tenggara dan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 024 Tahun 2015, tentang Penyelenggaraan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015. Adapun pelaksanaannya diatur dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 047 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015.

Mengenal Peran Saka Nasional


Peran Saka adalah singkatan dari Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka. Perkemahan ini merupakan salah satu pertemuan pramuka khusus untuk anggota Satuan Karya Pramuka (Saka). Nasional merujuk kepada tingkat penyelenggaraan dan pesertanya di mana kegiatan ini dilaksanakan secara nasional dengan peserta yang merupakan perwakilan kwartir daerah se-Indonesia.

Peran Saka adalah pertemuan pramuka atau kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) tingkat Nasional. Saka tersebut terdiri atas Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti dan Saka Wirakartika.

Para pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka se Indonesia berkumpul bersama melaksanakan kegiatan dititikberatkan pada tiga pokok kegiatan yakni Pengenalan Saka, Pendalaman Krida dan Kegiatan Bakti. Kegiatan  tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan Perkemahan dengan berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif.

Peran Saka Nasional 2015
Peran Saka Nasional 2015



Peran Saka Nasional 2015


Sesuai dengan kelender kegiatan dan keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka tahun 2013, Peran Saka Nasional Tahun 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 3 - 9 Oktober 2015. Pertemuan pramuka tingkat nasional ini digelar di Bumi Perkemahan Bukit Madani, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Peran Saka Nasional 2015 mengusung moto kegiatan “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”, dengan semboyan “Bangun Indonesia Hebat”, dan tema kegiatan “Satuan Karya Pramuka, Bersatu dan Berkarya Untuk Indonesia”

Logo dan Maskot Peran Saka Nasional 2015


Sebagaimana lampiran Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 047 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015, lambang atau logo Pearn Saka Nasional 2015 adalah sebuah gambar yang terdiri atas Menara Persatuan, silhouthe tenda, lambang WOSM, dan silhouthe tunas kelapa. Di dalamnya juga terdapat tulisan nama kegiatan beserta tempat dan tanggal pelaksanaannya. Logo selengkapnya sebagaimana berikut:

Logo Peran Saka Nasional 2015
Logo Peran Saka Nasional 2015



Sedangkan untuk maskot Peran Saka Nasional 2015 adalah "Ka’ Noa" yang memegang tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka. "Ka’ Noa" diambil dari "Anoa" yang merupakan salah satu hewan khas Sulawesi Tenggara.

Maskot Peran Saka Nasional 2015
Maskot Peran Saka Nasional 2015



Kegiatan Dalam Peran Saka Nasional 2015


Kegiatan dalam Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015 ini dititikberatkan pada Pengenalan Saka, Pendalaman Krida dan Kegiatan Bakti. Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain :

  1. Kegiatan Umum (General Activity), meliputi:
    1. Kegiatan Keagamaan
    2. Kegiatan Upacara
    3. Kegiatan Olahraga
    4. Apel
    5. Pameran Kwarda dan Kesakaan
    6. Karnaval
    7. Malam Bhinneka Tunggal Ika
  2. Kegiatan Kesakaan, meliputi:
    1. Pengenalan Saka
    2. Pendalaman Krida (Job Creation)
    3. Prestasi Saka
  3. Kegiatan Bakti Fisik
    1. Renovasi Gedung LPM/Karang Taruna
    2. Renovasi Masjid
    3. Renovasi Puskesmas
    4. Pembangunan Poskamling
    5. Pembuatan Sarana Olahraga
  4. Kegiatan Bakti Non Fisik
    1. Penyerahan Bantuan Buku Bacaan untuk Perpustakaan Kelurahan
  5. Kegiatan Seni Budaya
    1. Pentas Seni Budaya
    2. Apresiasi Film
  6. One Day Festival
    1. Kuliner Nusantara
    2. Festival Musik Daerah
    3. Messenger of Peace
    4. Karnaval
  7. Wawasan Kebangsaan
    1. Nasional dan Pembentukan Karakter
    2. Bangun Indonesia Hebat
    3. Pramuka Karakter Bangsa
  8. Exhibition
    1. Kwarda dan Saka Expo
    2. Pasar Rakyat
    3. Craft
  9. Lulo Nusantara
  10. Kegiatan Khusus
    1. Ramah Tamah Gubernur Sulawesi Tenggara
    2. Kegiatan Orang Dewasa (Bindamping)
    3. Kegiatan Pinkonda
    4. Lokakarya
Itulah segala hal terkait dengan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2015. Sukses untuk Peran Saka Nasional 2015.