Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

17 Piala Akan Diberikan dalam Apresiasi Film 2015

Oleh Admin 24-10-2015 16:39:08

Yogyakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Film Indonesia (AFI). Tahun ini, Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta akan menjadi lokasi puncak penyelenggaraan AFI 2015. Sebanyak 17 Piala Dewantara akan diberikan kepada peserta AFI 2015.

Melalui AFI 2015, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan kepada para peserta AFI berupa 17 Piala Dewantara. Nama piala ini diambil dari nama Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara. Dari daftar Penghargaan Utama dan Umum, ada 8 kategori yang diperebutkan, yaitu Apresiasi Film Cerita Panjang Bioskop, Apresiasi Film Anak, Apresiasi Film Pendek Kategori Umum, Apresiasi Film Pendek Kategori Pelajar/Mahasiswa, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Umum, Apresiasi Film Dokumenter Kategori Pelajar/Mahasiswa, Apresiasi Film Animasi Kategori Umum, dan Apresiasi Film Animasi Kategori Pelajar/Mahasiswa. 

Sementara Penghargaan Khusus mencakup Apresiasi Pemerintah Daerah,  Apresiasi Lembaga Pendidikan, Apresiasi Komunitas, Apresiasi Festival Film, Apresiasi Kritik Film, Apresiasi Media Cetak, Apresiasi Media Non Cetak, dan Apresiasi Poster Film. Selain itu ada juga Penghargaan Inspiratif yang terdiri dari Apresiasi Adi-Karya dan Apresiasi Adi-Insani.

Peserta AFI 2015 terdiri dari Fiksi Panjang 113 judul film, Fiksi Anak 13 judul film, Fiksi Pendek Umum 140 judul film, Fiksi Pendek Pelajar 32 judul film, Dokumenter Umum 55 judul film, Dokumenter Pelajar 24 film, Pemerintah daerah 3 daerah, Lembaga Pendidikan 5 lembaga, Komunitas Film 11 Komunitas, Festival Film 11 festival, Kritik Film 8 orang, Media cetak 6 media, Poster Film 9 film, Adi Karya 10 film, Adi Insani 9 orang dan Kajian Akademik Film 4 karya. Kegiatan penjurian telah berlangsung sejak bulan Agustus dengan diawali pendaftaran dan penjaringan peserta.

Rangkaian kegiatan AFI 2015 sudah dimulai sejak September 2015. Pada awal September lalu, diselenggarakan Diskusi Film yang diikuti pelajar, mahasiswa dan komunitas film di ISBI Bandung dan Universitas Negeri Yogyakarta. Sosialisasi AFI 2015 juga dilakukan di beberapa Bioskop Studio 21 di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta, serta gelar wicara di stasiun televisi swasta. 

Kemudian pada tanggal 22-23 Oktober 2015 diselenggarakan Pameran dan Workshop Film  yang diikuti berbagai Komunitas Film Yogyakarta, bertempat di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta. Selain itu diselenggarakan juga Pawai Artis dengan rute Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta-Taman Pintar Yogyakarta-Jl.Mataram-Jl.Malioboro-Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada tanggal 23 Oktober 2015. Puncak AFI akan berlangsung pada tanggal 24 Oktober 2015 malam dalam acara Malam Puncak Penganugerahan AFI 2015.

AFI dirancang sebagai kegiatan kebudayaan yang melihat film dari perspektif “daya budaya sinema". AFI adalah sudut pandang yang melihat film dalam dimensi yang luas meliputi produksi film, komunitas yang menghidupkan film, festival yang merayakan film, diskusi dan workshop film, peran pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan perfilman daerah dan tokoh perfilman yang menginspirasi dan kajian akademis yang menakar bobot film. (Ita Ratnasari/Desliana Maulipaksi)