Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sekjen; SOM Diharapkan Hasilkan Kesepakatan Strategis

Oleh Admin 23-10-2015 14:18:48

Jakarta (Pinmas) – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam menyampaikan pentingnya sidang Senior Official Meeting (SOM) ke-40 negara-negara Anggota MABIMS (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapur) untuk menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang strategis dan yang dapat memberikan peranan pada MABIMS secara global.

Hal tersebut disampaikan Nur Syam selaku ketua delegasi Indonesia pada Senior Official Meeting (SOM) ke-40 negara-negara Anggota MABIMS (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapur) yang dilaksanakan di Jerudong, Brunei Darussalam pada tanggal 19 – 22 Oktober 2015. Pertemuan SOM ke-40 mengambil tema “Jaminan Pengikhtirafan Sertifikat Halal MABIMS” sebagai tema seminar MABIMS.

SElain itu, ujar Nur Syam, tidak kalah penting sidang juga bisa menyepakati perlunya Kerjasama di bidang prduk halal yang lebih intensif mengingat kerjasama di bidang halal ini mempunyai nilai strategis ekonomi yang tinggi, untuk itu di canangkan pada tahun 2016 menandatangani MoU multilateral di anatara ke-4 negara anggota. 

“MoU ini nantinya diharapkan dapat mengikhtiraf semua sertifikat halal dari masing-masing anggota dan menetapkan standar halal MABIMS sendiri untuk memberikan jaminan halal kepada seluruh masyrakat muslim di dunia,” kata Nur Syam. 

Sebelumnya, kerjasama MABIMS mempunyai tujuh  bidang strategik dan  empat  bidang Khas, sedangkan untuk 2016 – 2020 nanti MABIMS akan memunyai delapan bidang kerjasama yang setiap bidang kerjasama tersebut di bawah koordinasi negara yang dianggap mempunyai kemampuan di bidang kerjasama tersebut, yaitu: 1)  Memprakasai Kehidupan Beragama (Brunei Darussalam), 2).  Membangun Potensi Belia (Indonesia), 3). Meningkatkan Taraf Hidup Umat Islam yang Memerlukan (Malaysia), 4). Meningkatkan Modal Insan Umat Islam (Indonesia), 5). Meningkatkan Harmonisasi Umat (Singapura), 6). Memperluas Peranan MABIMS ke Dunia Luar (Malaysia), 7). Menyelaras Rukyah dan Takwim Islam MABIMS (Indonesia), 8) Memperkasa Penyelarasan Halal MABIMS (Malaysia). (agus soleh/dm/dm).