Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Ini Juara Kompetisi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Berprestasi (2)

Oleh Admin 19-10-2015 15:46:12

Bogor (Pinmas) – Ajang Kompetisi untuk guru, kepala dan pengawas madrasah berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama sebagai bentuk penghargaaan bagi guru, kepala dan pengawas madrasah akhirnya berhasil memilih peserta terbaik dengan kriteria yang ditentukan. 

Penentuan peserta peraih peringkat I, II, III dan harapan I dan II pada kategori guru, kepala dan pengawas madrasah berprestasi dilakukan pada malam grand final kompetisi yang diselenggarakan di kota Bogor, Sabtu (17/10). Setiap pemenang pada setiap kategori memperoleh tropi dan uang pembinaan Rp10.000.000,00 bagi peraih peringkat I, Rp7.500.000,00 peringkat II, Rp5.000.000,00 peringkat III, dan Rp2.500.000,00 bagi pemenang harapan I dan II. 

Berikut nama-nama juara kompetisi ini; Kategori Kepala Raudhatul Athfal (RA) Handayani Suminar Indrati, S.Pd. Raudhatul Athfal Terpadu An nahl, Kebon Jeruk, DKI Jakarta (Juara I). Nova Indriati, S.E., M.Si, Raudhatul Athfal Nurul Dzikri, Sleman, DIY (Juara II). Siti Hamriah, S.Ag., M.Pd. Raudhatul Athfal Uswatun Hasanah, Banjar, Kalimantan Selatan (Juara III). Istiqomah, S.Pd. Raudhatul Athfal Taruna Utama, Salatiga, Jateng (Harapan I). Atiqah, S.Ag, Raudhatul Athfal Al-Azhar, Bukit Tunggal-Kalteng (Harapan II). 

Kategori Kepala Madrasah Ibtidaiyyah. Badrijuda, M.Ag., MIN Mlaten, Demak-Jateng (Juara I). Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I. MIN Lombok Kulon, Kab. Bondowoso-Jatim (juara II). Rini Astuti, M.Pd. MIN Kebonagung Imogiri, Bantul-DIY (Juara III).  Nur Ridwati M, S.Ag, M.Pd.I, MIN Maros Baru, Maros-Sulsel (Harapan I). Vera Kartina, S.Pd. MI Hidatullah, Belu/Atambua-NTT (Harapan II). 

Kategori Kepala Madrasah Tsanawiyah. Dr. H. Matkur, S.Pd.I., M.Si. MTs At Taqwa, Bondowoso-Jatim (Juara I). Mappataliang, S.Pd., M.A. MTsN Konawe Selatan, Sultra (Juara II). Rika Maria, M.A. MTsN Sungayang, Tanah Datar-Sumsel (Juara III).  Rus’ansyah, S.Ag.,M.Pd. MTs An Nur, Palangkaraya-Kalteng (harapan I). Drs. Ahmad Sakur, M.pd. MTsN 9 Jakarta, DKI Jakarta (Harapan II).

Kategori Kepala Madrasah Aliyah. Drs. Ah. Adib Al Arif, M.Ag. MA Tarbiyatul Banin, Pati-Jateng (Juara I). Drs. Suharno, M.Pd.I. MAN 3 Jember-Jatim (Juara II).  Momon Andriwinata, M.Pd. MA Al Khaeriyah, Serang-Banten (Juara III).  Amrizon, S.pd., M.Pd. MAN Gunung Padangpanjang-Sumbar (Harapan I). Dra. Neng Ida Nurhalida, M.pd, MAN Cipasung Tasikmalaya-Jabar (Harapan II). 

Kategori Pengawas. Abd. Hamid, S.Ag., M.Pd.I. Pengawas Kankemenag Kabupaten, Demak-Jateng (Juara I). Fathor Arifin, S.Pd., M.Pd. Pengawas Kankemenag Kabupaten, Kab.Sumenep-Jatim (Juara II). Salafudin Fitri, S.Ag., M.Pd. Pengawas Kankemenag Kabupaten, Banjarmasing-Kalsel (Juara III). Drs. H. Ism ail, M.A., Pengawas Kankemenag Kabupaten, Dumai-Riau (Harapan I). Dra. Helmiati, Pengawas Kankemenag Kabupaten, Sijunjung-Sumbar (Harapan II).

Mekanisme penilaian dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, penilaian portofolio dan karya tulis ilmiah peserta. Kedua,  5 orang dari setiap kategori yang memperoleh nilai tertinggi selanjutnya akan diverifikasi oleh tim verifikasi Direktorat Madrasah. Verifikasi bertujuan untuk mendapatkan data faktual bahwa yang bersangkutan adalah orang yang sebenarnya, baik diri maupun prestasi yang diraihnya. Ketiga, babak final. Pada tahap ini nominator melakukan presentasi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juru. Setiap peserta dinilai oleh 3 orang dewan juri. 

Dari tiga kategori tersebut, dewan juri menentukan lima peserta terbaik yang dinilai memiliki kompetensi, kinerja, dan prestasi tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan potensi peserta didik/masyarakat, pengembangan satuan dan pengembangan profesionalisme yang relevan dengan tugas mereka sebagai guru, kepala, atau pengawas satuan pendidikan pada RA/ Madrasah. 

Dalam keterangannya, Kasubdit Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pendidikan Madrasah Kidup Supriyadi mengatakan kompetisi ini bertujuan. Pertama, mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepala, dan pengawas RA/Madrasah dalaIIm melaksanakan tugasnya; Kedua, memberikan apresiasi dalam penghargaan kepada guru, kepala, dan pengawas RA/Madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugasnya; Ketiga, meningkatkan mutu pembelajaran dan oendidikan pada RA/madrasah.  

“Kami berharap peserta terbaik yang juga merupakan terbaik di masing-masing daerahnya dapat menjadi role model dan melakukan pembinaan bagi kepala, guru dan pengawas lainnya serta dapat menularkan nilai positif, profesionalitas dan kinerja bagi yang lainnya,” ujar Kidup. (dm/dm).