Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Gapura Tenda Pionering Setengah Bintang dan Pagar

Oleh Admin 18-10-2015 17:24:32

Melengkapi posting terdahulu tentang gapura tenda model pionering, kali ini pramukaria kembali merancang sebuah gapura tenda pionering. Adalah gapura tenda pionering model Setengah Bintang. Dinamakan setelah bintang karena bentuk pionering gapaura ini terispirasi dari bintang segilima. Penampakannya pun menyerupai separo bagian atas dari bintang segilima. Model gapura ini juga dilengkapi dengan pagar di kedua sisi kiri dan kanan.

Untuk membuat gapura ini bisa mempergunakan bambu dengan ukuran-ukuran tertentu. Namun juga bisa mempergunakan "full tongkat pramuka" (gapura dibuat dari tongkat pramuka secara keseluruhan). Bahkan untuk membuat pagar di kanan kiri gapura cukup dengan menggunakan tongkat pramuka yang berukuran 160 cm.

Gapura model setengah bintang ini telah penulis ujicobakan dan praktekkan saat adik-adik penggalang penulis mengikuti sebuah kegiatan perkemahan.

Jika menggunakan bambu dengan ukuran-ukuran tertentu yang telah disesuaikan, bambu dan tongkat pramuka yang dibutuhkan adalah :


  1. Untuk pembuatan gapura, membutuhkan :
    1. 3 batang tongkat pramuka (ukuran 160 cm)
    2. 2 batang bambu berukuran panjang 2 meter
    3. 1 batang bambu berukuran panjang 3 meter
    4. 2 batang bambu berukuran panjang 4 meter
  2. Untuk pembuatan pagar di kanan kiri gapura, membutuhkan 16 batang tongkat pramuka 
Sedangkan jika gapura dibuat dari tongkat pramuka secara keseluruhan (full tongkat pramuka), bambu-bambu tersebut dapat diganti dengan tongkat pramuka yang disambung. Total tongkat pramuka yang dibutuhkan untuk gapura adalah 17 tongkat pramuka.
  1. bambu berukuran panjang 2 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (2 batang = 4 tongkat pramuka)
  2. bambu berukuran panjang 3 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (1 batang = 2 tongkat pramuka)
  3. bambu berukuran panjang 4 meter diganti dengan tiga tongkat pramuka yang disambung ((2 batang = 8 tongkat pramuka)
Penampakan gapura dan pagar selengkapnya adalah sebagai berikut :
Gapura Pionering Setengah Bintang
Gapura Pionering Setengah Bintang. Klik gambar untuk memperbesar.
Seperti pada pembuatan gapura pionering sebelum-sebelumnya, untuk merakitnya cukup dengan menggunakan tali pramuka. Simpul dan ikatan yang dipergunakan adalah simpul pangkal, simpul mati (untuk menyambung tali), ikatan palang dan ikatan silang.
Untuk pagar di kanan dan kiri gapura, dalam gambar terdiri atas empat set. Ini mengingat saat dipraktekkan pembuatan, kapling tenda yang disediakan (untuk satu kontingen dengan dua regu) selebar 12 meter. Jika kapling tenda berukuran kurang dari itu tentunya jumlah set pagar ini bisa dikurangi menjadi dua atau tiga saja.
Baca juga :
  1. Gapura Tenda Pionering dengan Aksesoris Jalinan Tali
  2. Pionering Gapura dengan 23 Tongkat
  3. Contoh Model Pionering Menara Pandang
  4. Contoh Model Pionering Jembatan



Dan tentunya, saat mempraktekkan membuat gapura pionering model setengah bintang, gambar di atas dapat disesuaikan dan dikembangkan sesuai dengan keadaan dan kreatifitas masing-masing. Termasuk penggunakan gambar di puncak gapura dan di 'kotak' pagar.