Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

JOTA JOTI Internasional Tahun 2015

Oleh Admin 18-10-2015 17:18:38

JOTA JOTI Internasional tahun 2015 akan segera dilaksanakan. Pertemuan pramuka tingkat internasional ini akan segera digelar pada tanggal 16-18 Oktober 2015. Gerakan Pramuka Indonesia sendiri akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan kegiatan yang memiliki nama resmi 58th International JOTA and 19th International JOTI tersebut akan digabung pelaksanaannya dengan Jamboree On The Air Nasional Ke-78 dan Jamboree On The Internet Nasional Ke-36.

Menurut Panduan Pelaksanaan JOTA JOTI Internasional 2015 yang dikeluarkan oleh Dewan Kerja Nasional, JOTA (Jamboree On The Air) Tingkat Nasional ke 78 dilaksanakan mulai tanggal 16 Oktober 2015. QSO Perdana akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2015 pukul 16.00 WIB, sedangkan QSO penutupan akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2015, pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini dapat diikuti oleh semua anggota pramuka dari semua golongan, baik siaga, penggalang, penegak, pandega, maupun anggota dewasa.

Seperti telah diketahui, media yang digunakan untuk JOTA adalah radio amatir yang pelaksanaannya bekerjasama denga Orari. Sedangkan untuk JOTI bisa menggunakan Chatting via MIRC, video call via LINE, SKYPE dan GOOGLE HANGOUT, Call Discuss via TEAMSPEAK, dan pengaktifan berbagai media sosial lainnya seperti facebook dan twitter.

Cara Mengikuti JOTA JOTI

 

JOTA JOTI Internasional
Pramuka di luar negeri sedang mengikuti JOTA JOTI Internasional



Setiap tahun cara mengikuti JOTA JOTI ini banyak ditanyakan oleh para pramuka. Walaupun sebenarnya cara mengikuti kegiatan yang dapat diikuti oleh semua anggota Gerakan Pramuka ini tiap tahunnya tidak banyak berubah.

Secara garis besar ada dua cara untuk mengikuti JOTA dan JOTI. Yang pertama adalah bergabung dengan stasiun JOTA-JOTI terdekat. Dan yang kedua adalah mengikuti JOTA JOTI Mandiri.

Berpartisipasi Melalui Stasiun JOTA JOTI

 

Cara termudah untuk mengikuti JOTA JOTI baik Nasional, Regional (Asia Pasifik), maupun Internasional adalah bergabung dengan Stasiun JOTA-JOTI. Stasiun JOTA JOTI ini umumnya didirikan oleh Kwartir Cabang melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka. Di samping itu, berbagai gugusdepan Gerakan Pramuka pun telah banyak yang menjadi Stasiun JOTA-JOTI.

Untuk mengetahui Stasiun JOTA-JOTI terdekat, silakan melakukan koordinasi dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang di kabupaten/kota masing-masing.

Dengan mengikuti JOTA-JOTI melalui Stasiun JOTA-JOTI akan banyak keuntungan yang diperoleh. Seperti dapat bertemu dan berkenalan dengan anggota Gerakan Pramuka di sekitarnya, mendapatkan panduan dan bimbingan langsung dari penyelenggara stasiun, serta (biasanya) akan mendapatkan tiska JOTA-JOTI. Baca artikel tentang TISKA.

JOTA JOTI Internasional
Pramuka Indonesia sedang mengikuti JOTA JOTI Internasional


Berpatisipasi Secara Mandiri


Jika tidak sempat bergabung dengan Stasiun JOTA-JOTI, atau lokasinya terlalu jauh, dapat berpartisipasi secara mandiri. Yaitu mengikuti JOTA-JOTI secara mandiri di rumah masing-masing. Mengikuti Jota-Joti secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), persiapan, hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi Jota-Joti yang disediakan oleh WOSM.

Untuk pendaftaran (registrasi) peserta JOTA-JOTI Internasional tahun 2015, silakan kunjungi situs resmi JOTA-JOTI di http://www.world-jotajoti.info/sign-up-for-jota-joti/ Namun sebelum melakukan pendaftaran, terlebih dahulu harus memiliki akun di http://scout.org Sedangkan untuk mendapatkan akun tersebut, bisa menyimak video tutorial berikut:



Untuk mengikuti JOTI, baca juga Panduan Resmi JOTI 2015 via Scoutlink di http://www.scoutlink.net/joti/

Kakak-kakak dan Adik-adik anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia, itulah hal-hal terkait pelaksanaan 58th International JOTA and 19th International JOTI dan Jamboree On The Air Nasional Ke-78 dan Jamboree On The Internet Nasional Ke-36 tahun 2015. Mari, 16-18 Oktober 2015 ini kita meriahkan JOTA-JOTI Internasional 2015.