Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

SEMINAR STRATEGI MEMBANGUN MADRASAH LEBIH BAIK

Oleh Admin 16-09-2015 14:39:11

Kab. Nganjuk (MAN )- “Madrasah lebih baik berarti madrasah harus unggul,” ungkap Supandi, M.Pd., Kabid Pendidikan Madrasah (Pendma) Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur dalam seminar dengan topik Strategi Membangun Madrasah Lebih Baik di MAN Nganjuk (5/9/2015). Seminar ini sekaligus pembukaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MA Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016. Seminar ini dihadiri oleh perwakilan guru MA negeri dan swasta Se-Kabupaten Nganjuk dengan peserta kurang lebih 150 orang. Selain itu, juga hadir kepala MA negeri dan swasta Se-Kabupaten Nganjuk.

 

Acara dimulai sekitar pukul 08.30 diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama ketua MKK Kabupaten Nganjuk, Drs. Moh. Harisuddin, M.Ag. juga selaku Kepala MAN Nganjuk. Sambutan kedua disampaikan oleh Kemenag Kabupaten Nganjuk yang diwakili oleh Kasi Pendma, Muksin, M.PdI. Sambutan ketiga oleh Kabid Pendma Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur, Supandi, M.Pd. sekaligus membuka MGMP MA Kabupaten Nganjuk.

Usai pembukaan  dilanjutkan dengan seminar. Dalam seminar tersebut, Supandi, M.Pd. mengungkapkan tentang peran penting setiap bagian dari madrasah. Mulai kepala madrasah, wakil kepala (waka) kesiswaan, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, waka humas, para guru, KTU, BK, bahkan sampai petugas kebersihan madrasah.

Misalnya guru. “Menjadi guru jangan terpaksa,” paparnya. Guru hendaknya bisa menjalankan tugasnya secara profesional. “Guru yang baik itu guru yang dirindukan oleh murid,” ungkapnya. Topik seminar ini juga tak lepas dari pengalaman Supandi, M.Pd. pernah menjadi guru, waka sampai kepala sekolah. Kemudian, lewat MGMP guru juga diharapkan terjalin komunikasi antar guru demi pencapaian pembelajaran yang maksimal.

Dalam penyampaiannya madrasah unggulan adalah yang unggul ditingkat nasional dan dunia yang ditunjang oleh akhlakul karimah. “kemajuan madrasah sebagai lembaga pendidikan sebaiknya tidak mengejar lembaga pendidikan lain, tetapi harus meninggalkan lembaga lain,” ucapnya.

Di akhir materi, dikemukakan tentang langkah-langkah strategis dalam upaya membangun madrasah agar lebih baik. Pertama, membangun mind set secara kolektif. Kedua, menciptakan inovasi secara terus menerus. Ketiga, memanfaatkan teknologi informasi. Keempat, budaya kolaborasi dan berbagi pendapat dalam pengambilan keputusan. (Hms)