Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

MAN IC Paser, Komitmen Kemenag-Pemda untuk Madrasah Berkualitas

Oleh Admin 17-05-2015 18:06:25

Paser (Pinmas) —- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC)  Paser adalah salah satu dari enam MAN IC yang tahun ini mulai menerima peserta didik baru. Lima MAN IC lainnya adalah MAN IC Aceh Timur, MAN IC Ogan Komering Ilir, MAN IC Siak, MAN IC Bangka Tengah, dan MAN IC Pekalongan. 

Sebelumnya sudah ada MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, dan MAN IC Jambi. Lulusan ketiga MAN IC ini sudah tersebar di berbagai perguruan tinggi ternama, dalam dan luar negeri. Hal itu menjadi salah satu alas an yang mendorong Kanwil Kemenag Kalimantan Timur dan Pemda Kabupaten Paser untuk bisa menghadirkan MAN IC di bumi Paser.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ity Rukiyah, Minggu (17/05), mengatakan bahwa berdirinya MAN IC Paser merupakan wujud komitmen dan kerjasama Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah untuk menghadirkan madrasah unggul di daerah Paser. Maklum, menurut Ity, sebelum ada kebijakan otonomi daerah, Paser termasuk daerah yang terisolir. 

Meski demikian, semangat keberagamaan masyarakat di Paser tinggi. Sayangnya, madrasah di Paser sangat terbatas, hanya ada 1 MAN, 3 MTsN, dan 1 MIN. “Padahal animo masyarakat untuk masuk ke madrasah sangat tinggi, sementara kita belum ada madrasah negeri yang menjanjikan,” tuturnya saat mengawas pelaksanaan tes seleksi penerimaan peserta didik baru MAN IC Paser.

Sadar bahwa Paser membutuhkan SDM yang berkualitas, Bupati Paser Muhammad Ridwan Suwidi sangat mendukung keberadaan madrasah berkualitas di daerahnya. “Komitmen bupati dan DPRD sangat tinggi untuk meningkatkan SDM daerah. Selama ini, Bupati juga sudah mengirim putera-putera daerah ke beberapa perguruan tinggi untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas,” jelas Ity.

Komitmen Bupati, lanjut Ity, ditunjukan sejak awal rencana pendirian MAN IC Paser dengan sikap pro aktif dalam mewujudkan rencana ini. “Paser adalah satu-satunya daerah yang telah menyerahkan tanah sekuas 14 hektar berikut sertifikatnya kepada Kemenag sebagai bukti keseriusan dalam mewujudkan madrasah yang berkualitas,” tandas Ity.

Terhitung tahun 2013, Kanwil Kemenag Kaltim dan Pemda Paser pun mempersiapkan rencana pendirian MAN IC. Tahun 2014, ketika Kabupaten Paser dipilih sebagai salah satu tempat pendirian MAN IC, proses pun dilanjutkan dengan persiapan pembangunan fisik. “Saat ini, MAN IC Paser siap untuk beroperasi. Kesiapan itu baik dari aspek fisik, proses penerimaan siswa baru, seleksi kepala madrasah, dan bahkan komitmen semua pihak, Pemda dan Kanwil Kemenag,” terangnya.

Ity menambahkan bahwa keberadaan MAN IC di Kabupatan Paser sangat strategis. Apalagi, ke depan akan dibangun bandara dan jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara sehingga akan memudahkan akses ke Paser.

“Saya berharap MAN IC Paser yang keberadaannya merupakan keinginan masyarakat luas dapat menjadi madrasah yang unggul sebagaimana MAN IC Serpong, Gorontalo, dan lainnya,” ujar Ity sembari menegaskan bahwa MAN IC ini harus menjadi salah fokus perhatian pengembangan madrasah ke depan. (mkd/mkd)