Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Wayang Kulit & Kejawen

Oleh Admin 15-05-2015 18:01:22

Wayang adalah ciptaan budaya genius bangsa Indonesia yang telah dikenal sekurang – kurangnya sejak abad ke-10 dan telah berkembang sampai dewasa ini, sepanjang sejarah Indonesia. Wayang sejak dulu sampai kini merupakan budaya lisan yang bermutu seni sangat tinggi. Daya tahan dan perkembangan wayang telah teruji dalam menghadapi tantangan zaman. Namun sayang, meskipun demikian terkadang keberadaan Wayang Kulit kurang di senangi oleh segelintir orang. Beberapa dari mereka beranggapan bahwa Wayang Kulit adalah seni budaya yang menyesatkan, seperti lah nya kejawen.
Kejawen rekat kaitannya dengan kesenian Wayang Kulit. Kejawen berisi kaidah moral dan budi pekerti luhur, serta memuat tata cara manusia dalam melakukan penyembahan tertinggi kepada Tuhan Yang Maha Tunggal. Pendidikan moral atau budi pekerti menjadi pokok pelajaran yang diutamakan. Pendidikan moral atau budi pekerti dimaksud sini adalah kaidah – kaidah yang membedakan baik atau buruk segala sesuatu, tata krama, atau aturan-aturan yang melarang dan menganjurkan seseorang dalam menghadapi lingkungan alam dan sosialnya

Dalam perkembangan sejarahnya mengalami pasang surut. Hal itu tidak lepas dari adanya benturan-benturan dengan teologi dan budaya asing yang paling keras adalah benturan dengan teologi asing, karena kehadiran kepercayaan baru disertai dengan upaya – upaya membangun kesan bahwa budaya Jawa itu hina, memalukan, rendah martabatnya, bahkan kepercayaan lokal disebut sebagai kekafiran, sehingga harus ditinggalkan sekalipun oleh tuannya sendiri, dan harus diganti dengan “kepercayaan baru” yang dianggap paling mulia segalanya.