Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

DEDE YUSUF JANJIKAN PENGUATAN BKKBN DALAM MENGURUSI KELUARGA

Oleh Admin 08-04-2015 15:50:02

KBB - Perwakilan BKKBN Jabar Online : Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf saat menghadiri kegiatan sosialisasi KIE Kreatif Keluarga Berencana melalui Seni budaya di Batujajar, Kabupaten Bandung barat (KBB), Rabu (18/03/05) menyampaikan bahwa dirinya selaku wakil rakyat akan mendukung penguatan BKKBN sebagai lembaga pemerintahan yang memiliki kekuatan penuh dalam mengatur urusan rumah tangga dan keluarga.

Menurutnya BKKBN satu-satunya lembaga pemerintah yang mengurusi keluarga, mulai dari perencanaan perkawinan, lalu berkeluarga dan memiliki anak, mulai balita hingga remaja diurus oleh BKKBN, bahkan lansia juga menjadi urusan BKKBN. Untuk itu Dede menjanjikan peningkatan dukungan anggaran untuk BKKBN di tahun mendatang, dengan catatan BKKBN sebaliknya harus mampu menunjukkan ouput yang jelas.
Secara khusus Dede mengkhawatirkan maraknya perilaku negatif remaja di Jawa Barat saat ini. Disampaikannya bahwa 70 persen remaja usia SMA di Jawa Barat pernah atau telah melakukan hubungan seks pra nikah. Untuk itu dia mengharapkan kepada BKKBN melalui program Genre-nya dapat lebih maksimal lagi. 
 
“Genre diharapkan dapat menghindari remaja dari perilaku negatif tadi”, kata Dede. 
 
 Sebelumnya disampaikan Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Perwakilan BKKBN Jabar, Dra Tety Sabarniati bahwa tugas BKKBN bukan hanya mengatur kelahiran, tetapi juga program pembangunan keluarga meliputi seluruh siklus kehidupan manusia, mulai dari balita melalui BKL (Bina Keluarga Balita), remaja melalui program Genre pada PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja/Mahasiswa dan BKR (Bina Keluarga Remaja), hingga lansia melalui BKL (Bina Keluarga Lansia), dan juga program permberdayaan ekonomi keluarga melalui UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera). 
 
Hal ini dilakukan selain untuk pengendalian jumlah penduduk juga untuk meningkatkan kualitas hidup anak, remaja dan lansia serta meningkatkan perekonomian keluarga. Jelas Tety. 
 

Selain sosialisasi mengenai KB dan ketahanan keluarga, pada kegiatan ini juga disosialisasikan mengenai deteksi dini kanker payudara dari Yayasan Kesehatan Payudara Jawa Barat (YKP Jabar) yang dipimpin Sendy Dede Yusuf. Acara ditutup dengan hiburan seni budaya wayang golek oleh Ki Dalang Ofik Sunandar. (HK)