Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Gugus Depan Sutan Takdir Alisyahbana & Cut Nyak Dien memperingati hari

Oleh Admin 16-01-2015 21:01:02

MEMPERINGATI HARI DHARMA SAMUDRA

Selain hari Kamis 15 Januari 2015,Hari ini Memperingati Hari Dharma Samudra,yaitu Hari untuk Memperingati Pertempuran Laut Aru 15 Januari 1962 saat itu sedang terjadi Pertempuran antara TNl AL (saat itu masih bernama ALRI atau Angkatan Laut Republik Indonesia) dengan Belanda di laut Aru,Simak Sekilas Sejarah dari Pertempuran Laut Aru :

Pertempuran Laut Aru adalah suatu pertempuran yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada tanggal 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda. Insiden ini terjadi sewaktu dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda menyerang RI Matjan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653) dan RI Harimau (654) milik Indonesia yang sedang berpatroli pada posisi 04,49° LS dan 135,02° BT. Komodor Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".

Armada Indonesia di bawah pimpinan Yos Sudarso, yang saat itu berada di KRI Macan Tutul, berhasil melakukan manuver untuk mengalihkan perhatian musuh sehingga hanya memusatkan penyerangan ke KRI Macan Tutul. KRI Macan Tutul tenggelam beserta awaknya, tapi kedua kapal lainnya berhasil selamat